Cara Meningkatkan Pageview di Blog


Pageview dalam sebuah blog merupakan salah satu parameter penting. Ia dapat menunjukan perkembangan sebuah blog dari waktu ke waktu. Untuk itu, seorang blogger perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan pageview di blog masing – masing. 

Aku sebagai blogger pemula pun masih berusaha meningkatkan pageview dengan belajar bersama blogger profesional, salah satunya belajar di Marathon Coaching pada 25 Oktober 2020 lalu. Pematerinya saat itu adalah Mbak Rini Novitasari. Ini juga salah satu tugas Blogspedia Coaching #1 nya Mbak Marita Ningtya, untuk menghadiri sesi kelas marathon tersebut.

cara-meningkatkan-pageview-di-blog


Realitasnya 

Secara realitas banyak blogger yang belum begitu memperhatikan pageview blog mereka, yang kemungkinan disebabkan: 

  • Blogger yang masih abai terhadap jumlah di pageview atau traffic blog; 
  • Blogger belum mengetahui manfaat dari pageview; 
  • Blogger masih bingung dalam meningkatkan pageview; dan 
  • Blogger hanya fokus ke authority dan lupa optimasi. 

Hmm, cukup banyak juga ya problems yang menunjukan alasan kurangnya blogger memerhatikan pageview. 


Mari Mengenal Pageview 

Bagi blogger yang belum mengenal pageview, disini aku sedikit jabarkan dari materi yang sudah diberikan pada Coaching, yang sudah aku sebutkan di atas. Pageview sendiri merupakan jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog kita. Hal yang perlu kita ketahui adalah tinggi jumlah pageview blog kita, semakin bagus pula kualitas blog dan konten yang kita buat. 




Mengapa Perlu Menaikan Page View Blog? 

Setelah blogger mulai mengetahui tentang pageview, blogger perlu memahami alasan penting mengapa perlu meningkatkan pageview Blog kita, sebagai berikut: 

· Pageview yang tinggi sebagai harapan untuk mendapatkan Adsense; 

· Pageview juga ternyata memengaruhi peningkatan Conversion Rate; 

· Pageview pun menandakan blog dan konten berkualitas; 

· Pageview dapat meningkatkan Rate Card atau harga blog kita; dan 

· Pageview yang tinggi dapat memperbesar peluang tawaran kerja sama. 

Wah, cukup banyak kan manfaat yang bisa blogger raih bila meningkatkan page view. Blogger perlu tahu juga bahwa banyak Agency atau Advertiser yang memakai parameter pageview sebagai syarat blog yang layak diajak berkerja sama. Maka, untuk menjadi blogger professional, kita perlu meningkatkan pageview blog kita. 



Langkah – Langkah Meningkatkan Page View di Blog 

Bagaimana dengan penjelasan pageview sebelumnya, blogger? Apakah sudah memahami pageview dan alasan serta manfaat untuk menaikan pageview? 

Bila sudah atau sudah penasaran dengan bagaimana langkah meningkatkan page view di blog kita, aku akan menjabarkan langkag – langkah dalam poin – poin sebagai berikut: 
 

1. Lakukan Riset Kata Kunci 

Teman-teman blogger disini pelru melakukan riset kata kunci sebelum menuliskannya. Blogger dapat menggunakan intuisi (feeling) dalam menentukan kata kunci. Selain itu dapat pula menggunakan Google Keyword Planner (https://ads.google.com/tools/keyword-planner/), keywordtool.io + Google Keyword Planner, KeywordFinder.io, atau Neil Patel. 



2. Tulis Artikel yang SEO and Human Friendly 

Blogger dapat membuat postingan (tulisan artikel) yang SEO and Human Friendly, dengan memerhatikan ketentuan – ketentuan, antara lain: 

a. Dalam penulisan dapat menggunakan bahasa yang nyaman; 

b. Gunakan Kata Kunci yang tepat; 

c. Dalam judul perlu masuk kata kunci tulisan; 

d. Gunakan URL yang pas; 

e. Perhatikan jumlah kata yang cukup; 

f. Penempatan Keyword dan LSI; 

g. Jumlah kata kunci yang pas; 

h. Heading dan Subheading sesuai SEO; 

i. Input link internal dan eksternal; 

j. Optimasi gambar dalam tulisam; dan 

k. Meta Deskripsi. 
 
11 poin di atas dapat membantu tulisan di blog kita sesuai dengan SEO and Human Friendly. Jadi blogger perlu mengikuti semua ketentuannya. 
 

3. Menggunakan Link Building 

Link building merupakan teknik tertentu dimana blog atau website lain memberikan link (tautan) menuju blog kita. Ini bisa dilakukan dengan bekerja sama blogger lain, yang sedang menulis artikel terkait dengan kita, secara mutualisme. 



4. Membuat Artikel Trending atau Viral 

Dalam mengembangkan blog dan membuat aretikel trending atau viral, blogger dapat menggunakan https://trends.google.com/trends/explore untuk mengetahui trendnya. 



5. Melakukan Blogwalking 

Ini salah satu hal yang dapat dilakukan oleh teman-teman blogger. Blogwalking dapat berupa mengunjungi blog teman, memberikan komentar dan like yang baik. 


6. Optimasi Pagespeed 

7. Desain Blog Menarik, Navigasi yang Jelas 

8. Mengulik Search Console untuk mengetahui performa blog dalam mesin pencari 

9. Mengulik Google Analytics 

Dengan memahami data google analytics, blogger dapat mengembangkan artikel yang tinggi traffic melalui pembuatan artikel terkait. 

Nah, 9 langkah-langkah di atas dapat meningkatkan pageview blog, sehingga blog kita dapat berkembang dan semakin baik lagi, baik secara konten maupun kualitas. 

Demikian cara meningkatkan page view sedikit rangkuman materi yang dapat aku share disini, blogger. Mungkin bila aku dan teman-teman terbiasa menggunakannya akan menjadi blog kita semakin lebih baik lagi dan tinggi pageview pada blognya.

Komentar