Membangun Branding Blogger di Media Sosial

membangun-branding-blogger-di-media-sosial


Branding di media sosial dalam tujuan mengembangkan blog kita merupakan hal yang perlu dilakukan. Hal tersebut dapat memancing interaksi dan promosi dari followers kita, untuk mengunjungi blog. 


Dalam kesempatan kali ini aku akan membagikan rangkuman singkat, yang aku pahami dari paparan pemateri Marathon Coaching pada 26 Oktober 2020. Alhamdulillah aku berkesempatan belajar dari para blogger professional. Ini juga merupakan tugas dari kelas Blogspedia Coaching #1. Mari dimulai. 


Manfaat Media Sosial 

Banyak sekali manfaat dan hal positif yang bisa dilakukan banyak orang di media sosial, seperti menjaga silaturahmi dan menjalin pertemanan dan memperluas koneksi. Sebagai tambahan, media sosial juga dapat menjadi tempat kita membangun branding sebagai blogger, dimana kita dapat mempromosikan blog. Hal tersebut dapat berupa cuplikan tulisan yang dipublish atau upcoming tulisan. 


Media Sosial untuk Branding

Semenjak perkembangan teknologi yang begitu pesat, kita semakin menyadari bahwa media sosial semakin tidak terelakan dari dunia ini. Bagi blogger yang hendak membangun branding, dapat memanfaatkan banyak aku media sosialnya untuk promosi. 

Aku sendiri memiliki Facebook, Twitter, dan Instagram, yang dulu pernah aku jadikan tempat share tulisan baru. Link blog pun aku sematkan pada bio ketiga media sosial yang termasuk sering aku buka saat itu. 

Dalam paparan, media sosial yang populer saat ini ada banyak sekali. Sebagai contoh ada Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Linked In, Snapchat, dan Tiktok. Dari semua media sosial yang misalnya sudah kita miliki, kita dapat menggunakan untuk membangun branding. Membawa media sosial memberikan manfaat lebih lagi. 


Bagaimana Membangun Branding di Media Sosial 

Pada dasarnya, blogger dan media sosialnya menjadi hal yang sepatutnya tidak terpisahkan satu sama lain. Mengapa? Karena media sosial seharusnya dapat menjadi awal pembaca baru dan lama menyadari adanya tulisan menarik yang dibuat blogger. Bila mengemas semenarik mungkin, tentu saja dapat memengaruhi orang mengunjungi blog kita. 
  • Tentukan Audience – Blogger perlu menentukan audience blog berasarkan usia, pendidikan, gaya hidup, hingga hal yang disukai. 
  • Punya Tujuan Mau Dikenal Sebagai Siapa – Dalam menggunakan media sosial, membangun branding diawali keinginan untuk dikenal sebagai apa dan siapa. 
  • Perbedaan dengan Akun Lainnya – Kita dapat memberikan sesuatu yang khas, seperti minimal dari caption, foto, bahasa, atau sudut pandang. 
  • Tentukan Arah Akunnya – Bisa dimulai dengan menetapkan sapaan untuk followers, gaya bahasa, dan penggunaan kosakata. 
  • Tetap Konsisten – Dalam posting diharapkan dapat konsisten dan sering melakukan interaksi. 



Hal yang Memengaruhi Optimalnya Media Sosial 

Blogger perlu memperharikan hal – hal yang memengaruhi berkembangnya media sosial, antara lain: 

1. Konten 

Konten di media sosial perlu diperhatikan, karena media sosial mempunyai platform dengan kateristik masing – masing. Sebagai contoh, twitter dengan captionnya, instagram dengan grafis dan caption, dan lain sebagainnya. 

2. Konsisten 

Blogger harus konsisten menggunakan media sosial sebagai platform untuk membagikan sesuatu, sehingga traffic akan semakin baik. 

3. Timing 

Berdasarkan pengamatan atau penggunaan perhitungan data, upload konten pada waktu yang tepat. 

4. Audience yang Tepat Sasaran 

Salah satu hal penting lainnya adalah mengetahui siapa audience kita. Bila audience tepat sasaran, hal tersebut tentu memengaruhi interaksi yang dilakukan. 

5. Ikuti Tren 

Perjuangan lainnya dalam melakukann optimalisasi adalah mengetahui trend yang berkembang saat ini. Sehingga, kita dapat mengupload sesuatu yang bagus dan sesuai. 


Demikian cara bagaimana blogger dapat membangun branding yang dapat aku sampaikan dalam tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Komentar